Senin, 28 Januari 2013

Lokomotif Baru CC206 Sudah Tiba di Balai Yasa Yogyakarta

Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priuk tanggal 15 Januari silam, lokomotif CC206 yang merupakan seri terbaru yang dimiliki PT KAI(Persero) saat ini telah tiba di Balai Yasa Yogyakarta. Lokomotif tersebut dibawa dari Pelabuhan Tanjung Priuk menuju Balai Yasa Yogyakarta menggunakan multi-axle trailer. Berikut foto saat pengiriman Lokomotif CC206 menggunakan multi axle trailer.

Pengiriman Lokomotif CC206
Lokomotif pertama yang tiba di Indonesia adalah seri CC206 13 02. Tidak diketahui mengapa lokomotif nomor 02 yang terlebih dahulu dikirim ke Indonesia. Mengenai mesin yang diasung oleh lokomotif CC206 ini sendiri belum ada kejelasan yang pasti. Ada kabar menyebutkan bahwa lokomotif ini telah menggunakan mesin GE7FDL-12. Namun ada kabar pula yang mengatakan bahwa lokomotif ini masih menggunakan mesin GE7FDL-8 sama seperti lokomotif CC203 atau CC204.



Setelah tiba di Balai Yasa Yogyakarta, lokomotif CC206 ini akan dilakukan pemasangan boogie dan pengecekan lainnya sebelum dilakukan uji coba jalan. Walaupun dibuat utuh di pabrik General Electric, untuk boogienya sendiri masih dibuat di dalam negeri yaitu di PT Barata. Berikut beberapa foto kedatangan lokomotif CC206 di Balai Yasa Yogyakarta.
Tiba di Balai Yasa Yogyakarta
Persiapan diturunkan dari trailer ke atas rel
Meja kemudi lokomotif CC206 sudah seperti lokomotif  GE Dash-9
CC206 13 02
Setelah kedatangan 1 unit lokomotif CC206 ini, rencananya akan datang kembali 6 unit lokomotif CC206 dalam waktu dekat. Saat ini keenam lokomotif tersebut sudah dalam perjalanan menuju Indonesia. Dalam kontrak, PT KAI(Persero) akan mendatangkan sebanyak 100 buah lokomotif seri CC206 ini. Rencananya sebanyak 30 unit akan dibuat built-up tanpa boogie di pabrik General Electrik di Canada. Sedangkan sisanya sebanyak 70 unit akan dibuat di pabrik INKA di Madiun, Indonesia. Berikut foto saat 6 unit lokomotif CC206 dimasukan ke dalam kapal yang saat ini sedang dalam perjalanan.






Foto : Rezza Habibie, Priyo Loko, Wakyu Jatmiko (Facebook)

6 komentar:

ALFIN FN mengatakan...

Wah kabinnya lega bisa slonjoran tuh

diajeng sophie mengatakan...

sekarang udah dateng 6 di balai yasa yogyakarta...
kita tunggu 93 lokomotif pesanan berikutnya dateng..:D

Totok mengatakan...

wah double cabin... sip. gak butuh lagi turntable. Seperti jamannya loko seri BB (cmiiw).

Anonim mengatakan...

Lebih nyaman double cabin.
Tuas throttle juga baru.
mesin lumayan perkasa.
tapi kok banyak digunakan pd kereta barang ya?

irwan mengatakan...

Saat ini sudah digunakan juga untuk kereta penumpang pada masa lebaran ini, katanya cabinnya dilengkapi ac juga. PT INKA mendapatkan lisensi alih teknologi sebanyak 70 unit.

mekanik komputer mengatakan...

keren nih loko cc 206, kalau bisa DAOP 9 dikasih 20 buah ya :D