Sabtu, 23 Agustus 2014

Daftar #Bioskop yang akan Dibuka di Indonesia Tahun 2014

[ANNOUNCEMENT] Untuk Update Daftar Bioskop yang akan Dibuka Tahun 2015 Dapat Dilihat di Posting ini : Daftar #Bioskop yang akan Dibuka di Indonesia Tahun 2015

Bisnis bioskop yang dahulu menjadi hits dan menyebar ditiap daerah pernah runtuh di era hadirnya VCD dan efek kerusuhan Mei 98 Namum dengan hadirnya 1 perusahaan baru yaitu Cinemaxx di industri ini tanggal 17 silam menunjukan bahwa bisnis Bioskop kini mulai menunjukan kembali gairahnya. Sekedar berbagi, berikut info bioskop yang sampai saat ini sudah dalam tahap pembangunan atau sudah dipastikan akan dibangun di tahun 2014 ini dari 3 pemain besar bioskop di Indonesia, yaitu Cinema XXI, Blitzmegaplex, dan Cinemaxx Theater.

Cinema XXI
ilustrasi: Cinema XXI Summarecon Serpong
Mengitip dari artikel di Kompas.com, Cinema 21 dipastikan akan hadir di 9 kota di Indonesia. Berikut rincian Kota dan Lokasi calon bioskop Cinema 21:

Yogyakarta
Kota Yogyakarta untuk saat ini baru terdapat 2 bioskop, yaitu Aplaz 21 dan Empire XXI. Tahun 2015 ini CInema XXI berniat untuk kembali menambah bioskop jaringan mereka di Kota Gudeg ini. Cinema XXI memilih Yogya City Mall sebagai cabang ke 3 mereka di Yogyakarta. Cinema XXI di Yogya City Mall ini juga kabarnya akan dilengkapi dengan The Premiere yang menjadi cabang The Premiere pertama di Yogyakarta.
note: Jogja City Mall XXI sudah dibuka untuk umum sejak 20 November. Lebih lengkapnya baca di web 21cineplex.com
Jogja City XXI. (scr: 21cineplex.com)

Cinere, Depok
Cinere juga menjadi salah satu daerah yang dipilih Cinema XXI untuk membuka cabangnya. Sampai saat ini Cinere 21 yang terdapat di Cinere Mall masih menjadi bioskop satu-satunya di Cinere. Namun dengan segera hadirnya Cinema XXI di Cinere Belleveu Mall tahun ini, masyarakat Cinere diberikan alternatif tempat menonton baru yang lebih ekslusif ketimbang Cinere 21 yang masih mengusung konsep Cinema 21 generasi awal. Cinere Belleveu XXI ini merupakan bioskop pengganti dari bioskop Citos 21 yang ditutup awal 2013 lalu.
Rendering Cinere Belleveu Mall (dok: Internet)
note: Cinere Belleveu XXI telah dibuka bulan Desember 2014.
Samarinda, Kalimantan Timur
Pulau Borneo ini pun tidak luput dari ekspansi Cinema XXI. Setalah hadir 2 cabang(cinema 21 dan cinema XXI) di Samarinda Central Plaza(a.k.a Samarinda Sentra Plaza), kini Cinema XXI akan hadir di Big Mall Samarinda, Global City. Kabarnya disini Cinema XXI akan hadir dengan 7 studio Deluxe dan 1 studio The Premiere. Cinema XXI Big Mall Samarinda ini pun disiapkan untuk dibuka pada tahun 2014 ini.
Rendering Big Mall Samarinda (dok: Internet)

Blitzmegaplex
ilustrasi: Blitzmegaplex Pacific Place
Setelah melantai di Bursa Efek sejak bulan maret silam, Blitzmegaplex mengumumkan akan membuka 3 bioskop baru di 2014 dan 4 bioskop baru di tahun 2015. Namun menurut sumber lain, disebutkan bahwa blitzmegaplex akan membuat 10 bioskop baru. Karena masih belum jelas, saya mencoba jabarkan sepengetahuan saya mengenai rencana kota dan tempat ekspansi Blitzmegaplex selanjutnya.

Bandung, Jawa Barat
Di Kota Bandung ini, Blitzmegaplex sudah dipastikan akan membuka 2 cabang baru. Untuk yang pertama berlokasi di Miko Mall, Kopo yang rencananya akan segera dibuka antara bulan september ataun oktober 2014 ini. Lalu selanjutnya Blitzmegaplex akan membuka bioskop yang akan menjadi cabang ke 3 Blitzmegaplex di Bandung di Mall Bandung Electronik Center yang kini sedang dibangun area ekstensionnya. Rencananya bioskop di BEC ini akan hadir di tahun 2015 mendatang.
update : Blitzmegaplex Miko Mall Bandung telah dibuka sejak tanggal 1 Oktober 2014. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca disini
Blitz Cinemas Miko Mall.

Cinemaxx Theater
ilustrasi: Cinemaxx Plaza Semanggi
Sebagai perusahaan baru dibawah perusahaan besar yaitu Lippo, Cinemaxx Theater telah dipastikan mendapat modal sebesar 6 Trilyun Rupiah untuk mengembangkan bisnis bioskop ini. Setelah bioskop pertamanya berhasil dibuka di Plaza Semanggi tanggal 17 Agustus silam (baca: #Bioskop Cinemaxx Theater Resmi Membuka Cabang Pertamanya di Plaza Semanggi), Cinemaxx juga telah merencanakan untuk membangun beberapa bioskop Cinemaxx Theater di beberapa koata di Indonesia. Berikut beberapa kota yang akan dihadiri oleh jaringan bioskop Cinemaxx Theater.

Jakarta
Setelah Plaza Semanggi, Cinemaxx Theater juga akan segera hadir di Plaza fX Sudirman. Cabang ke-2 Cinemaxx di Jakarta ini nantinya akan hadir dengan 5 layar, dengan konfigurasi 1 studio Dolby Atmos, 2 kelas reguler, dan 2 kelas Cinemaxx Gold. Cinemaxx Plaza fX Sudirman ini masih memakai lahan bekas Platinum XXI yang telah tutup sejak 21 Oktober 2013 lalu.
update : Cinemaxx Plaza fX Sudirman telah dibuka untuk umum mulai tanggal 22 September 2014. Lebih lengkap tentang Cinemaxx fX Sudirman bisa dibaca disini.

Palembang, Sumatra Selatan
Kota kedua yang akan dihadiri oleh Cinemaxx adalah Palembang. Bertempat di Palembang Icon, rencananya Cinemaxx akan dibangun dalam 2 tahap. Untuk tahap pertama yang segera diresmikan ini akan dilengkapi oleh seluruh kelas yang ada di Cinemaxx Theater selain kelas reguler yaitu Cinemaxx Gold dan Ultra XD. Tentu juga ada studio yang dilengkapi oleh sistem tata suara Dolby Atmos. Setelah Palembang Icon, rencananya Cinemaxx juga akan hadir di Lippo Plaza Jakabaring. Mengenai detail waktunya, sampai saat ini belum ada kabar lanjur mengenai rencana Cinemaxx di Lippo Plaza Jakabaring ini.
update: Cinemaxx Palembang Icon dibuka untuk umum mulai 3 Oktober 2014.
Kru Cinemaxx Palembang Icon foto bersama di depan Cinemaxx Palembang Icon (sumber : Path)
Manado, Sulawesi Utara
Selain kota diatas, Cinemaxx Theater juga akan hadir di kota Manado tepatnya di Lippo Plaza Manado(a.k.a Manado XChange) dengan 7 studio (5 cinema reguler dan 2 cinema Gold). Cinemaxx di Lippo Plaza Manado ini rencananya tidak lama lagi akan dibuka untuk umum.
note: Cinemaxx Lippo Plaza Manado sudah dibuka sejak tanggal 27 November.

Cinemaxx Kairagi menjadi nama bagi Cinemaxx pertama di Manado. Interior yang ditawarkan masih sama seperti pendahulunya dengan nuansa abu metalik. Karpet yang digunakan pun sama motifnya dengan pendahulunya. Namun seat yang digunakan mirip dengan Cinemaxx Ponorogo. Kelas Gold di Cinemaxx Kairagi ini pun menawarkan kapasitas lebih banyak dibandingkan dengan kelas Gold di 2 cabang Cinemaxx sebelumnya yang hanya berkapasitas 30 seat. Di Cinemaxx Kairagi ini kelas Gold menawarkan kapasitas sebanyak 48 seat di 2 studio goldnya. Maxx Coffee dan Books and Beyond juga akan hadir melengkapi fasilitas di Cinemaxx Kairagi ini. Plus Timezone yang akan buka di area Lippo Plaza Manado. Namun yang disayangkan, tata suara Dolby Atmos yang kabarnya akan hadir di Cinemaxx Kairagi ini tidak jadi diimplementasikan.

Cinemaxx Kairagi
Cinema 1 : 226 seat | Barco Projector | Dolby Surround 7.1
Cinema 2 : 142 seat | Barco Projector | Dolby Surround 7.1
Cinema 3 : 154 seat | Barco Projector | Dolby Surround 7.1
Cinema 4 : 142 seat | Barco Projector | Dolby Surround 7.1
Cinema 5 : 418 seat | Barco Projector | Dolby Surround 7.1 | MasterImage 3D
Cinema Gold 1 : 48 seat | Barco Projector | Dolby Surround 7.1
Cinema Gold 2 : 48 seat | Barco Projector | Dolby Surround 7.1
Harga Promo Cinemaxx Kariagi Manado.
Mungkin masih banyak lokasi lainnya dari Cinemaxx Theater yang belum dishare kepada publik. Karena menurut berita, Cinemaxx Theater akan membuat setidaknya 20 bioskop di tahun 2014 ini. Namun setidaknya beberapa lokasi tadi sudah memberikan angin segar bagi penikmat film di Tanah Air ini.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan kepada para pembaca sekalian. Saya harap dengan makin banyaknya lokasi menonton dan beragam perusahaan bioskop akan menjadikan iklim bioskop ini lebih bersaing yang imbasnya akan menguntungkan kepada pada pelanggan bioskop ini sendiri. Pun juga kepada perfilman Indonesia yang daya jangkau pasarnye menjadi lebih luas dengan dibangunnya bioskop baru ini dan saya harap kualitasnya pun akan meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah lokasi dan layar bioskop di Indonesia.

[ANNOUNCEMENT] Untuk Update Daftar Bioskop yang akan Dibuka Tahun 2015 Dapat Dilihat di Posting ini : Daftar #Bioskop yang akan Dibuka di Indonesia Tahun 2015

18 komentar:

Hamid Anwar mengatakan...

Wah, baru denger nih kalo Cinemaxx berencana bikin bioskop stand alone. di area Ponorogo paling dekat memang ke Madiun dengan New Starnya. Ini menjadi menarik :)

SukamotoAdam mengatakan...

Mungkin mas Hamid Anwar kalau ada waktu bisa dicek ke Ponorogo. Minim banget update tentang Cinemaxx yang sedang dibangun disana. Kalau saat opening Cinemaxx Plaza Semanggi kemarin saya sempet ngobrol2 sama salah satu pegawai Cinemaxx, beliau bilang sudah sekitar 35% pembangunannya. Mungkin sekarang bangunan bioskopnya udah rada terbentuk. Penasaran berapa studio yang dibangun Cinemaxx di kota sekelas Ponorogo. Apalagi stand alone. Investasinya lumayan besar itu. hehe

Hamid Anwar mengatakan...

Menurut beberapa info yang berhasil saya endus, beberapa waktu belakangan malah akan hadir dari Grup 21 mas ke Ponorogo City Center (Mall yang barusan buka)

Tapi kelihatannya memang lebih santer yang pemberitaan bakal masuk Cinemaxx ya.

Oke kapan2 saya coba survey ke Ponorogo kalau ada waktu :D

SukamotoAdam mengatakan...

kalopun memang grup 21 mau masuk ponorogo mungkin baru tahun depan. soalnya di rilis mereka, ga nyebutin Ponorogo sbg kota yg bakal mereka bangun bioskop tahun ini. Kalau Cinemaxx sih paling lambat juga februari tahun depan udah buka. atau malah bisa jadi akhir tahun ini udah buka ngeduluin Jogja.

Abie Opay mengatakan...

Lah kalo di ganti cinemaxx theater di wtc serpong, harga tiketnya mahal dong gak bisa nonton dg 20rb lagi :(

SukamotoAdam mengatakan...

mas Opai(kalo dalam bahasa jepang kata Opai ini sungguh fulgar sekali. :p), kalau penuturan orang Cinemaxx yang kerap saya temui sih bilangnya harga pasti bersaing dengan kompetitor. Kalau memang harga akan naik jadi tidak seperti dulu saat masih WTC Serpong 21 mungkin aja. Tapi fasilitas yang ditawarin sama Cinemaxx jauh lebih menarik ketimbang yg ditawarin sama 21 dulu. Jadi setimpal lah. kalo kata pak Dirut KAI sih Ono Rego Ono Rupo. :p :)

HeNDRa's BLOG mengatakan...

Bkn stand alone..tp menempati Ponorogo City Center

HeNDRa's BLOG mengatakan...

Cinemaxx di ponorogo buka bln okt 2014 ini..barusan dpt info dr tweetny @pcc_mall

SukamotoAdam mengatakan...

bung Hendra, udah saya update dari lama kok post ini kalo Cinemaxx di Ponorogo itu buka di PCC. Kalau di kolom komentar ya emang ga diedit biar saja. :)

iya kabarnya buka bulan ini 3 cinema. nanti saya update opening kalau udah ada kepastian tanggal.

Heri Agus mengatakan...

mantabbbbbs, bisa nonton film di gedung lagi. Menurut info dari karyawab PCC rencananya Cinemaxx akan open sekitar awal bl November ini.

SukamotoAdam mengatakan...

Makasih infonya mas Heri.. Wah mas heri orang ponorogo? ditunggu ya kabar2nya sama foto-fotonya kalo Cinemaxx Ponorogo udah buka nanti.. :)

Mirad Azzura mengatakan...

Kok d kendari blum buka mas..??

SukamotoAdam mengatakan...

Iya nih untuk kendari belum ada kabar. Tapi kayaknya sebelum tengah tahun udah buka.

Andz mengatakan...

Kendari wajib buka nih Cinemaxx jadi bisa lgs update & nonton klo ada film terbaru..... Di kota laen udh berlangsung pemutarannya selama beberapa hari bahkan ampe seminggu baru nongol film nya di Hollywood kendari :(:(

Andz mengatakan...

Kendari wajib buka nih Cinemaxx jadi bisa lgs update & nonton klo ada film terbaru..... Di kota laen udh berlangsung pemutarannya selama beberapa hari bahkan ampe seminggu baru nongol film nya di Hollywood kendari :(:(

Kisah Sukses mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar jawa timur, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian dan membayar 30 jt namun hasilnya nol, uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, Dengan tdk segaja sy buka internet dan sy melihat komentar ibu sri Rahayu dr jawa timur Tentang Bpk Drs Sulardi yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan mengurusnya sampai SK dia keluar, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau mau membantu saya dan menyuruh saya mengirim berkas saya melalui e-mail, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar juga, sy sangat berterima kasi kepada Bpk Drs.sulardi yg telah membantu sy, dan tak lupa mengucap syukur kepada ALLAH SWT karna melalui Bpk Drs.Sulardi, masa depan sy sudah cerah, jadi teman2 jgn pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, dan sy sadar kalau tdk ada yg ngurus dr pst langsung meman sulit, karna banyaknya peserta. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs.Sulardi, Hp:0823-3871-2222 Siapa tau belia masih bisa bantu. Untuk yg punya room, trima kasih untuk tumpanganya. Wassalm Ismail Yusup.

didik hartoyo mengatakan...

Kpn ya utk tulungagung

didik hartoyo mengatakan...

Kpn ya utk tulungagung