Minggu, 01 Maret 2015

Mau Membuat E-Paspor untuk Dapat Bebas Visa Kunjungan? Ini Caranya.

Bentuk fisik E-Paspor. Ada logo khusus di pojok kanan bawah.
Saat ini beberapa negara sudah membebaskan Visa bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negaranya dengan waktu kunjungan singkat yaitu antara 15 - 30 hari. Beberapa negara yang saya ketahui sudah bebas Visa ini antara lain Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. Namun untuk mendapat status bebas Visa, sebelumnya kita harus memiliki E-Paspor dan mendaftarkan E-Paspor kita ke kedutaan negara yang bersangkutan. Bentuk fisik E-Paspor tidak berbeda jauh dengan Paspor biasa, namun yang membedakan adalah adanya chip di sampul depan pada buku E-Paspor. Chip ini berfungsi pada auto gate, sehingga kita tidak perlu lagi antri di bagian imigrasi.

Awalnya karena memang saya hanya masyarakat kalangan ekonomi menengah, jadi sebenarnya tidak ada niatan untuk membuat Paspor. Toh tidak pernah ada niatan untuk pergi ke Luar Negeri (walaupun sering tergiur dengan promo tiket murah milik maskapai "Merah" itu). Namun karena saya memiliki hubungan yang cukup erat dengan banyak teman berkewarganegaraan Jepang, saya diundang mereka untuk bertandang ke negerinya, tanpa dibebani biaya sepeserpun. Momennya pas sekali saat Jepang baru saja mengeluarkan kebijakan bebas Visa bagi turis yang menggunakan E-Paspor. Jelas, akhirnya saya memutuskan untuk segera membuat E-Paspor karena kebetulan tiket sudah langsung dibelikan saat saya meng-iya-kan tawaran berkunjung kesana. Jadi, disini saya ingin membagikan pengalaman saya saat membuat E-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat. E-Paspor yang saya buat ini adalah E-Paspor baru. Jika mungkin ada diantara anda yang sebelumnya telah memiliki Paspor Biasa dan ingin upgrade menjadi E-Paspor, kemungkinan ada sedikit perbedaan syarat dan tata cara. Untuk lebih jelasnya anda bisa kunjungi website www.imigrasi.go.id


1. Persiapkan Dokumen.
Awal yang paling penting dalam membuat E-Paspor(atau Paspor Biasa juga berlaku) yaitu mengenai kelengkapan Dokumen. Ingat, semua data dalam setiap dokumen yang disyaratkan haruslah sama. Dari mulai Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, semua harus sama persis di setiap dokumen. Dokumen yang disyaratkan untuk membuat E-Paspor ini diantaranya adalah Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Arta Kelahiran, dan Ijazah (boleh Ijazah namapun, baik SD, SMP, atau SMA). Semua dokumen harus difotokopi dalam kertas A4. Hanya mengingatkan, ini juga berlaku untuk KTP. Fotokopi KTP anda dalam kertas A4 tanpa perlu memotongnya, karena semua dokumen akan discan menggunakan alat scanner yang berkerja layaknya sebuah printer.

Nama saya sempat berbeda di Kartu Keluarga. Jika di Akta, Ijazah, dan KTP nama saya adalah Adam Faridl al Fath, namun di Kartu Keluarga nama saya adalah Adam Farial al Fath. Hanya perbedaan kecil, namun tetap pengajuan anda untuk membuat E-Paspor pastilah akan ditolak dan diminta untuk membuat pernyataan di kelurahan bahwa nama anda yang sebenarnya adalah seperti yang tercantum di Akta.

2. Datang ke Kantor Imigrasi di Pagi Buta
Setelah dokumen lengkap, anda tinggal datang ke Kantor Imigrasi terdekat. Sebagai catatan, kantor imigrasi yang bisa membuat E-Paspor hanya terdapat di Jakarta, Surabaya, dan Batam(dan kalau tidak salah di Soekarno Hatta juga bisa). Sebenarnya anda bisa juga mendaftar online, namun untuk E-Paspor pilihan daftar online sementara ini ditiadakan, jadi anda harus datang langsung ke kantor imigrasi dan mengikuti prosedur Walk-In. 

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, saya datang ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat. Pertama kali, saya tiba di kantor imigrasi pukul 8 pagi. Cukup pagi menurut saya karena kantor imigrasi pun baru buka pukul 7.30 pagi. Namun yang saya dapati adalah kuota untuk Walk-In sudah habis. Dalam sehari seharusnya kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat ini membuka kuota sebanyak 150 pendaftar. Namun karena alasan teknis, saat saya mendaftar kuota yang dibuka hanya untuk sebanyak 100 pendaftar saja. 

Hari kedua saya berangkat pagi-pagi buta. Karena rumah saya di Bogor, saya berangkat rumah jam 4 pagi naik kereta pertama dari Bogor tujuan Jatinegara (turun di stasiun Kemayoran). Saya tiba di Kantor Imigrasi Kelas 1 JakPus pukul 6 pagi, dan sudah ada sekitar 60 orang yang mengantri. Kabarnya, sejak pukul 5 pagi sudah ada yang tiba di kantor imigrasi untuk mendapat antrian awal.

3. Pengecekan Dokumen untuk Mendapat Nomor Antrian
Sambil mengantri, persiapkan dokumen anda untuk nantinya diperiksa oleh sekuriti. Jika dokumen anda dirasa sudah lengkap, anda akan diberi nomor antrian oleh sekuriti. Tidak perlu khawatir jiga pada proses ini anda belum memfotokopi dokumen anda. Karena di kantor imigrasi ini ada tempat fotokopi, tepatnya di koperasi.

4. Beli Formulir Pendaftaran Paspor Baru
Karena saya ingin membuat paspor baru (belum punya paspor sebelumnya) saya diharuskan membeli formulir pendaftaran di koperasi. Sebenarnya bukan membeli, namun hanya memfotokopi (karena dokumen formulir ada di koperasi) sekaligus membeli materai. Harga fotokopi formulir + dibubuhi oleh materai 6000 totalnya 7000 rupiah. Formulir ini harus diisi menggunakan pulpen dengan tinta hitam.

5. Pengecekan Dokumen untuk Mendapatkan Form Isian Data Diri dan Nomer Antrian Wawancara
Dari sekuriti saya mendapat nomor anrian 81. Butuh waktu hampir 2 jam sampai akhirnya nomer antrian saya dapanggil untuk pengecekan dokumen di meja Costumer Service. Disinilah dokumen anda diteliti baik dari kesamaan nama, dan tempat tangal lahir. Jika lolos, anda akan mendapatkan Form Isian data diri, data orang tua, dll. Sekali lagi, form ini harus diisi dengan pulpen bertinta hitam. Selain form, disini juga kita akan diberikan map yang telah ditempel nomer antrian. 
Nomor antrian OSS. Angka 2 berarti proses dilakukan di lantai 2.
Map yang diberikan setelah proses pengecekan dokumen.
6. Wawancara, Verivikasi dan Scan Dokumen, Foto, dan Scan Sidik Jadi
Setelah lolos pengecekan dokumen, kita masuk tahapan wawancara, verivikasi dan scan dokumen, foto, dan scan sidik jari. Dan di imigrasi ini juga sudah menerapkan sistem OSS (One Stop Service). Jadi proses wawancana, scan dokumen, foto, dan scan sidik jari bisa dilaksanakan di satu meja dan hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja. Ada 9 counter OSS di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat. Di proses inilah anda akan ditanya, jenis paspor apa yang akan anda buat, Paspor biasa, atau E-Paspor. Setelah proses selesai, anda akan mendapatkan Tanda Terima Permohonan dan Slip pembayaran untuk membayar tagihan melalui Bank BNI. Jumlah tagihan untuk E-Paspor adalah 655.000 rupiah, dengan rincian 600.000 rupiah untuk biaya paspor, dan 55.000 rupiah untuk jasa teknis biometri. Di Bank BNI, total pembayaran jadi sebesar 660.000 rupiah, karena ditambah dengan biaya administrasi Bank sebesar 5.000 rupiah. Jika anda mengurus E-Paspor ini di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat, Bank BNI ada persis dibelakang kantor imigrasi. Belakang yang dimaksud ini bukan satu areal dan ada dibelakang, tapi berbeda areal, namun ada di belakang gedung Imigrasi.
Suasana menunggu giliran OSS di lantai 2.
Monitor berisi nomer antrian.
7. Pengambilan E-Paspor
Setelah melakukan proses pembayan, anda bisa mengambil paspor dalam waktu 3 hari setelahnya. Jadi jika anda melakukan pembayaran pada hari senin, hari kamis esoknya anda telah dapat mengambil paspor anda. Karena saya melakukan proses pembayaran hari jumat, saya baru bisa mengambil paspor hari Kamis (proses baru berjalan dihitung mulai senin). Untuk proses ini, jika anda tidak mengambil E-Paspor lebih dari 30 hari sejak melakukan pembayaran, paspor anda dinyatakan hangus dan tidak dapat diambil. 

Sekian uraian pengalaman saya membuat E-Paspor, semoga kurang-lebih dapat membantu anda yang ingin membuat E-Paspor baru seperti saya.

baca juga:
Mudahnya Cara Mendapat Akses Free Visa ke Jepang Menggunakan E-Paspor 

21 komentar:

Kisah Sukses mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
adila mengatakan...

Mas mau tanya. Untuk proses dari mulai masukin aplikasi paspor, wawancara, bayar, sampai E-paspor jadi memakan waktu berapa lama ya kira2?

SukamotoAdam mengatakan...

Proses pengajuan paspor sampe wawancara itu hanya 1 hari. Setelah itu selesai, passpor bisa diambil setelah 3 hari kerja.

Uzu Sagi mengatakan...

Mas e paspor utk TKI apakah sama dengan yang utk umum/wisata?karena paspor biasa berbeda utk TKI sama yg umum.beda banyaknya halaman dan masa berlaku. Terima kasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

Siang Mas, saya orang bogor mau nanya kalo dari jatinegara ke kantor imigrasi jakpus setelah turun di stasiun kemayoran naik apa yah? biar tiba sesuai mas sarankan jam 6 pagi. Trims

SukamotoAdam mengatakan...

Untuk e-passpor saya tidak tau apakah dibedakan untuk umum dan TKI atau tidak. Mungkin bisa langsung di cek di web imigrasi.

Mengenai akses ke kantor imigrasi dari stasiun Kemayoran, saya sih jalan kaki saja. mungkin hanya sekitar 10-15 menit (sebelumnya jalan kaki di rel hingga perlintasan kereta yang ada underpass).

Honggo Zhang mengatakan...

Apakah KTP dari Pontianak juga bisa mengajukan permohonan? Atau hanya untuk KTP Jabotabek?
Terima kasih

Biro jasa paspor mengatakan...

Asiik nih infonya, lengkap dan detail banget. Mempermudah orang untuk cari informasi.

Kereeen

SukamotoAdam mengatakan...

KTP semua daerah seharusnya berlaku. Sering kok ada yang dateng dari luar kota karena memang baru Jakarta dan beberapa kota besar aja yang bisa bikin e-passport ini.

Thaliza Gaby Pristian mengatakan...

Mas, nama saya juga beda nih, akta, sama ijazah, KTP, dan KK, gimana dong mas?? kasih saya masukan mas.

Unknown mengatakan...

mas apa saat pengambilan e-passport ini bisa di wakilkan?thx

Anonim mengatakan...

Bapak/ibu sekalian, mau numpang nanya..
Ada pernah pengalaman visa jepang memakai passport biasa di tolak, dan kemudian mengajukan kembali visa waiver jepang memakai epass gak? Mohon bantuannya.. Terima kasih

Selvi Ah mengatakan...

mas mau tany mohon diblz...klo ga ad akte lahir ato ijazah gmn ya mas bisa ga bwt...trim

Eko Handono mengatakan...

Aku mau bikin paspor baru krn belum punya sama sekali paspor dan saya jg blm menikah , apa aja syaratnya saya bingung harus nyiapin a p a aja...tolong dbantu

Eko Handono mengatakan...

Aku mau bikin paspor baru krn belum punya sama sekali paspor dan saya jg blm menikah , apa aja syaratnya saya bingung harus nyiapin a p a aja...tolong dbantu

Nelly Cutez mengatakan...

Ms klo menggunakan E Paspor apa hrus memiliki tabungan 30-40 jt d rekening sebagai jaminan....seperti yg d jls kan media lain nya

Qumay mengatakan...

Terima kasih infonya mas, informasi yang sangat bermanfaat, sayang di tempat saya bekerja di terminal bis antar negara sungai AMBAWANG paspornya hanya dipakai untuk chek in tiket bis nya aja, imigrasi cornernya belum ada.

Mey Meylany mengatakan...

Pak mau tanya . Saya sudah punya paspor , tapi paspor saya terkena air hanya di bagian atas bukunya saja .. saya masih bisa pergi ke Thailand? Atau harus membuat lagi yang baru ? Karena saya sudah booking ticket ����

ibnu shin mengatakan...

Mas permisi mau tanya, saya sudah punya paspor, tp paspor biasa dan usianya masi tergolong baru... yang saya tanyakan apakah bisa di upgrade ke e-paspor? atau harus bkin baru ya mas? (bkn memperpanjang lo mas "just upgrade"). dan kira2 prosedur dan persyaratan upgradenya apa saja ya mas. Terima Kasih

Bunaiya Naif mengatakan...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu..Perkenalkan saya mantan TKI Hongkong atas nama IBU BUNAIYA NAIF, Maaf jika kedatangan saya di situs ini mengganggu saudara, Saya ingin berbagi cerita jalan sukses saya.. saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG, Saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalahnya, Ini semua atas bantuan beliau. Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan penarikan dana ghaib tingkat 1 dengan durasi pencairan dana 5 hari tanpa tumbal atau resiko, Alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH WIRANG siapa tahu beliau mau membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan kunjungi situs resmi beliau dengan cara KLIK DISINI Pusat Ilmu Pesugihan atau Call/Hubungi di nomer +6282346667564. Jika kita membahas informasi tentang cara mendapatkan pesugihan yang akurat dan terpercaya sebenarnya sudah banyak iklan iklan ahli spesialis yang bisa membantu kita melalui pesugihan dana gaib akurat yang beredar di internet,
namun perlu kami tegaskan kepada anda supaya lebih hati hati dalam memilih iklan tentang pesugihan lewat internet termasuk media sosial. karna MBAH WIRANG sampaikan kpd saya MBAH menerima banyak laporan dan keluhan dari masyarakat mengatakan bahwa KYAI, USTADS, DUKUN pesugihan yang beredar di internet jaman sekarang banyak yang merasa dirugikan oleh iklan tersebut.
kami juga tidak mengharapkan anda untuk lebih memilih melakukan pertolongan kpd MBAH WIRANG akan tetapi anda bisa menilainya sendiri kira kira mana yang paling tepat untuk membantu anda menuju kesuksesan.Sekian terimakasih salam sejahterah...



Zahid Hamidi mengatakan...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...